Home » Arsip Tips Drumband » CARA MEMAINKAN BELLYRA/MARCHING BELL

CARA MEMAINKAN BELLYRA/MARCHING BELL

Bellyra atau Marching Bell adalah alat musik yang merupakan bagian penting dari marching Band. Alat ini terdiri dari sederetan besi yang sebagian besi berwana emas dan sebagian besi lagi berwarna perak. Cara memainkan bellyra/marching bell hampir sama dengan cara memainkan piano atau pianika. Hanya saja perbedaan daam cara memainkan bellyra/marching bell dengan cara memainkan alat melodi lain seperti piano atau pianika terdapat pada alat yang digunakan untuk memainkannya. Memainkan alat musik piano atau pianika yaitu dengan menggunakan jari – jari yang memainkannya. Sedangkan cara memainkan bellyra/marching bell yaitu dengan menggunakan alat pukul khusus. Alat yang digunakan untuk memukul tersebut biasanya berwarna putih dan terbuat dari mika. Alat pukul ini pada ujungnya berbentuk bulat. Cara memainkan bellyra/marching bell cukup mudah. Cara memainkan bellyra/marching bell, hanya tinggal mengikuti not – not lagu yang sudah ada. Terdapat hal yang unik dalam cara memainkan alat ini. Yaitu, jika ingin membunyikan nada “do” dan “fa”, terdapat pada sederetan besi yang berwarna emas, dan sisanya terdapat pada deretan besi yang berwarna perak. Jika ingin tahu lebih lanjut lagi, mungkin lebih baik jika anda menanyakan kepada yang lebih ahli.

Meskipun mudah, namun butuh sedikit bakat untuk memahami cara memainkan bellyra/marching bell serta menghafal not – not dari sekian banyaknya lagu yang dipersiapkan untuk dimainkan oleh pasukan marching band. Alat ini memiliki berat sekitar 5 kg. Biasanya pemain bellyra/marcing bell sering mengalami lebam – lebam di bagian paha dan lengan kiri yang menjadi tempat tumpuan alat yang cukup berat ini. Sulitnya, pemain alat ini harus menghafal banyak lagu yang tentunya setiap lagi memiliki nada yang berbeda – beda. Bellyra/marcing bell memiliki fungsi penting yaitu memainkan nada – nada melodi yang merupakan inti dari lagu – lagu yang dimainkan. Para pemain melodi harus memainkan not secara kompak dan harmonis. Dalam peran pentingnya, bellyra/marching bell merupakan symbol dari keharmonisan bunyi melodi yang menjelaskan lagu yang dimainkannya.

 

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

DRUMBAND